ANZ Indonesia: Mempermudah Pengelolaan Data

Dengan jumlah nasabah yang banyak, PT Bank ANZ Indonesia (ANZ) memiliki tantangan dalam mengintegrasikan sejumlah data yang sangat banyak dan tersebar di berbagai jenis sistem dan poin kontak.

Untuk memperoleh informasi nasabah dengan lebih baik, meningkatkan customer retention, dan meningkatkan Return on Investment (ROI) dari program marketing, maka ANZ memulai proyek Customer Identification File (CIF) tunggal. Proyek ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan peraturan untuk prinsip Know Your Customer (KYC), Anti-Money Laundering (AML) dan Foreign Account Tax Compliance Act (FATCA).

ANZ memilih SAS® Data Quality untuk proyek tersebut. “SAS memberikan solusi untuk permasalahan dalam kualitas data kami. Kami dapat bekerja dengan lebih cepat dan efisien,” kata Jimmy Tandri, Head of Decision Management ANZ Indonesia. Dalam mengembangkan solusi Single Customer View, tim proyek hanya memerlukan sedikit anggota tim dan dapat melengkapi dan memenuhi persyaratan proyek dalam timeline.

Ketika sistem telah berfungsi dan berjalan, proses ekstrasi, memuat dan mentransformasi (ETL) secara otomatis bekerja dengan lancar dan waktu pemrosesan menjadi berkurang dengan signifikan meskipun data sedang diolah. “Kami terpukau dengan betapa cepat dan mudah prosesnya, alat ini memberikan kejelasan pada isu data dan meningkatkan kepercayaan terhadap data itu sendiri,” kata Mujur Tandi, Head of Operations Transformation ANZ Indonesia.

“SAS Data Quality juga sangat; mudah digunakan (user friendly), dan GUI (Graphical User Interface) sangat membantu,” kata Jimmy. CIF tunggal yang dikembangkan dengan SAS Data Quality, sekarang telah menjadi bagian integral dari KYC dan AML (Anti-Money Laundering), kampanye marketing dan analitik risiko di ANZ.

ANZ pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1973. ANZ merupakan salah satu bank internasional terdepan di Indonesia dengan 28 cabang di 11 kota besar seluruh Indonesia dan dengan nilai aset yang mencapai 2,75 miliar USD – menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan lengkap bagi nasabah korporasi melalui layanan perbankan korporasi dan komersial, Treasury, Trade Finance, dan layanan Cash Management. Untuk nasabah individu, ANZ menyediakan layanan perbankan ritel dan Wealth Management, kredit pemilikan rumah, serta pembiayaan konsumen (kartu kredit dan kredit tanpa agunan).

Tentang SAS

SAS merupakan pemimpin software dan layanan business analytics, dan vendor independen terbesar dalam pasar Business Intelligence. Melalui solusi inovatif, SAS membantu pelanggan di lebih dari 75.000 tempat untuk meningkatkan performa kinerja perusahaan dan membantu proses pembuatan keputusan menjadi lebih cepat dan tepat. Sejak 1976 SAS telah memberikan kepada pelanggan di seluruh dunia kemampuan THE POWER TO KNOW®.

Editorial contacts:

Back to Top