Gartner: SAS, ‘pemimpin’ di Magic Quadrant untuk pelaporan Manajemen Risiko Operasional

Evaluasi berdasarkan kelengkapan visi dan kemampuan dalam implementasi

Gartner menganugerahkan SAS sebagai pemimpin pada kategori manajemen risiko operasional berdasarkan kemampuannya ketika diimplementasikan dan kelengkapan visi.

Gartner menyatakan bahwa “dengan memberikan pemahaman yang baik mengenai risiko pada tujuan bisnis, manajemen risiko operasional (ORM) dapat menciptakan kinerja dan alokasi modal yang lebih baik.” Dalam laporannya, Gartner menjelaskan jika perangkat lunak juga dapat membantu “perusahaan mengatasi tekanan dari regulator untuk memperbaiki laporan risiko dalam laporan tahunan, serta meningkatkan peran dewan direksi dalam pengawasan manajemen risiko operasional perusahaan.”

Berdasarkan laporan Gartner, “kemampuan yang penting dimiliki perangkat lunak manajemen risiko operasional adalah kemampuan yang lebih efektif bagi pemimpin bisnis untuk menilai risiko dan kontrol efektifitas, mengidentifikasikan permasalahan risiko operasional, mengelola upaya-upaya perbaikan, dan mengukur eksposur risiko operasional dalam lingkup perusahaan.”

Analisis kuantitatif sebagai bagian dari pengukuran risiko operasional dikategorikan oleh Gartner sebagai hal penting untuk mendukung perhitungan kebutuhan modal yang didorong oleh aturan yang telah ada seperti Basel III dan Solvency II. Metode ini juga “digunakan untuk mengembangkan model prediksi yang lebih akurat untuk menentukan potensi kejadian risiko operasional tertentu, seperti penipuan atau pencurian.”

 “Kami percaya posisi kami sebagai pemimpin yang ditunjuk oleh Gartner menunjukkan bahwa solusi SAS® dapat menjawab kebutuhan pasar, contohnya seperti kemampuan kami untuk membantu konsumen dalam meningkatkan kualitas data dan meningkatkan kemampuan modeling statistic yang diatur oleh regulator pada umumnya,” ujar Brooke Upton, Global Product Marketing Manager untuk Solusi Manajemen Risiko SAS.

SAS baru-baru ini juga dinobatkan sebagai pemimpin dalam Chartis Operational Risk Management Systems for Financial Services 2014 RiskTech Quadrant®.

Baca mengenai Gartner Magic Quadrant for Operational Risk Management report dan lebih lanjut mengenai SAS for operational risk management.

1. Gartner Research. Magic Quadrant untuk Manajemen Risiko Operasional, John A. Wheeler, Paul E. Proctor, 15 Desember, 2014. Gartner tidak mengusung vendor, produk atau jasa manapun yang digambarkan dalam publikasi penelitian, dan tidak menyarankan pengguna teknologi untuk memilih vendor dengan peringkat tertinggi atau sebagainya. Publikasi riset Gartner terdiri dari pendapat organisasi penelitian Gartner dan tidak dapat dianggap sebagai pernyataan sebenarnya. Gartner menolak semua jaminan, tersurat maupun tersirat, sehubungan dengan penelitian ini, termasuk jaminan diperjualbelikan atau kesesuaian untuk tujuan tertentu.

Tentang SAS

SAS merupakan pemimpin software dan layanan business analytics, dan vendor independen terbesar dalam pasar Business Intelligence. Melalui solusi inovatif, SAS membantu pelanggan di lebih dari 75.000 tempat untuk meningkatkan performa kinerja perusahaan dan membantu proses pembuatan keputusan menjadi lebih cepat dan tepat. Sejak 1976 SAS telah memberikan kepada pelanggan di seluruh dunia kemampuan THE POWER TO KNOW®.

Info lebih lanjut hubungi:

Back to Top