Lomba karya tulis ilmiah tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia

Tema: “Analytics for Business Decision Making”

    SAS selaku pemimpin software dan layanan business analytics, dan vendor independen terbesar dalam pasar Business Intelligence, bersama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyelenggarakan SAS Competition 2014. Di tahun 2011, SAS Indonesia menghadirkan program yang dirancang khusus bagi Universitas yang dinamai SAS Academic Program. Program ini hadir dengan segala fasilitas yang dibutuhkan Universitas sebagai penunjang kegiatan belajar-mengajar dan riset, seperti: Lisensi software tidak terbatas bagi Dosen maupun Mahasiswa, pelatihan, materi pengajaran, datasets, buku, e-learning, dukungan pengembangan kurikulum, dan sertifikasi. Selain fasilitas tersebut di atas, SAS Academic Program juga membuka kesempatan kepada Mahasiswa/ Mahasiswi yang ingin melaksanakan program kerja praktik atau magang di SAS Indonesia. Selama tiga tahun hadir di SAS Indonesia, sembilan Universitas tersebar di seluruh Indonesia sudah menjadi bagian dari SAS Academic Program.

    SAS Competition 2014 merupakan lomba karya tulis ilmiah yang ditujukan kepada kalangan akademisi di seluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia. Mengusung tema “Analytics for Business Decision Making”, kompetisi ini diharapkan mampu menjadi wadah berkumpulnya peserta dari kalangan akademisi untuk bergabung dalam memaparkan pengetahuan yang dimiliki tentang peranan analitik dalam pengambilan keputusan dan menyalurkannya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Dengan menggunakan SAS sebagai perangkat lunak pendukung utama dalam pembuatan karya ilmiah tersebut, diharapkan komunitas pengguna SAS dapat berkembang menjadi lebih besar di dunia pendidikan.

    Pengambilan keputusan merupakan pemilihan diantara beberapa alternatif pemecahan masalah. Dalam setiap pengambilan keputusan, kita akan dihadapkan dengan lingkungan, dimana salah satu karakteristiknya yang paling menyulitkan adalah ketidakpastian (uncertainty), yang tidak akan dapat diketahui dengan pasti apa yang akan terjadi di masa mendatang. Disini analytics memiliki peranan penting sebagai pendukung pengambilan keputusan tersebut. Analytics telah digunakan dalam bisnis dan mulai mendapatkan perhatian ketika komputer digunakan dalam sistem pendukung keputusan. Analytics telah berubah dan terbentuk dalam pengembangan system enterprise resource planning (ERP), data warehouse, sejumlah besar perangkat lunak lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, business analytics telah meledak semakin banyaknya kebutuhan mengetahui insight diantara data yang sangat besar. Perubahan ini telah membawa business analytics ke tingkatan yang baru dan membuat kemungkinan-kemungkinan yang tidak terbatas. Seiring berjalannya waktu, penerapan business analytics sudah banyak digunakan di berbagai industri.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Hubungi PT SAS Institute

Telepon 021-5771950

Email pr.idn@sas.com

Back to Top