Pak Suhartono - ITS

Suhartono
Dosen Statistika
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Suhartono, bekerja sebagai dosen di Jurusan Statistika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Ia lulus S1 Statistika ITS pada tahun 1995 dan mendapat Master of Statistical Analysis and  Stochastic Systems dari University of Manchester Institute of Science and Technology (UMIST), UK, tahun 1998. Kemudian ia mendapat Dr pada tahun 2007 di bidang Neural Network for Time Series Forecasting dari Jurusan Matematika, Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada tahun 2010 ia melanjutkan Postdoctoral Program di Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Bidang penelitian yang banyak dilakukan adalah time series forecasting, neural network for data analysis, spatial time series, dan econometrics time series. Beberapa area terapan yang menjadi obyek penelitian dan telah dilakukan antara lain pemodelan inflasi di Indonesia, turism di Bali, transportasi (kendaraan) di jalan tol, hidrologi (debit air di suatu bendungan), dan pemodelan pemakaian energi listrik jangka pendek di suatu area distribusi. Ia juga meneliti tentang model hybrid neural network dan analisis wavelet untuk time series forecasting, serta mengembangkan model intervensi dan model variasi kalender yang banyak terjadi pada beberapa kasus data series di Indonesia. Saat ini ia banyak melakukan penelitian tentang pengembangan model spatio-temporal khususnya model Generalized Space Time Autoregressive.

Di Jurusan Statistika ITS, ia saat ini menjadi Ketua Program Pascasarjana (S2/S3) Statistika. Beberapa mata kuliah yang diampu adalah Analisis Runtun Waktu (Time Series Analysis), Analisis Data, dan Analisis Multivariat di program Sarjana dan Magister. Beberapa file untuk pembelajaran khususnya Time Series Analysis dan karya‐karya penelitian yang telah ia buat dapat diakses secara online melalui web personal dosen ITS di homepage ITS, yaitu http://personal.its.ac.id/dataPersonal.php?userid=suhartono-statistics.

 

Muljo Witono
CEO
PT. Solusindo Total Teknikatama

Muljo Witono, menjabat sebagai CEO dan pemiliki PT Solusindo Total Teknikatama. Memimpin tim dalam bidang Business Analytics, Video Analytics dan Crowd Data Acquisition. Berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang bisnis IT terutama di industri keuangan dengan berbagai eksposur seperti Pimpinan IT, Manajemen Pelayanan, Infrastruktur, Pengerjaan, Kualitas – Manajemen Layanan Pelanggan, Audit IT, Risiko Operasional, Manajemen Keamanan, Manajemen Proyek, Manajemen Kelanjutan Bisnis, dan Manajemen Akuisisi Bisnis.

Beberapa perusahaan yang pernah menjadi tempat beliau berkarir antara lain CITO & Direktur Kualitas Astra Sedaya Finance, CIO GE Finance Indonesia, CITO & Direktur Kualitas Astra Sedaya Finance, Standard Chartered Bank dan Citibank.

Mengenyam pendidikan di Jurusan Teknik Teknologi Komputer, Institut Teknologi Bandung di tahun 1990 dan melanjutkan pendidikan di Magister Manajemen Bisnis Keuangan di Universitas Indonesia pada tahun 1995.

Bagus Sartono
Dosen Departemen Statistika FMIPA
Institut Pertanian Bogor

Aktivitas keseharian Bagus Sartono adalah dosen pada Departemen Statistika – Institut Pertanian Bogor (IPB).  Pendidikan tinggi formal dimulai dari program Sarjana Sains yang diselesaikan pada tahun 2000 di Jurusan Statistika IPB, yang kemudian berlanjut pada program Magister Sains di tempat yang sama hingga tahun 2004.  Pada tahun 2012, Bagus memperoleh gelar PhD of Applied Economics dari Universiteit Antwerpen – Belgia pada bidang Experimental Design.  Setahun kemudian berkesempatan menjadi visiting researcher di School of Economics – Erasmus University Rotterdam.

Bagus Sartono juga berpengalaman menjadi konsultan statistika dan analytic di berbagai perusahaan seperti PT Ganesha Cipta Informatika, CIFOR, MarkPlus Insight, PT Sucofindo, Kementerian Keuangan, dan beberapa tempat lainnya.  Selain itu, juga aktif menjadi instruktur pelatihan beberapa perusahaan/lembaga seperti LIPI, Bank Indonesia, Bank Mandiri, UOB Bank, Bank Internasional Indonesia, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Pertanian.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Hubungi PT SAS Institute

Telepon 021-5771950

Email pr.idn@sas.com

Back to Top